Ternyata Kuku Bisa Menandakan Kesehatan. Kenali 6 Kondisi Ini, Bahwa Perubahan Pada Kuku Dapat Menandakan Kesehatan Tubuh

Kenali Perubahan Warna dan Bentuk Kuku Anda 


Tidak banyak yang menyadari kalau kuku pada jari manusia bisa memberi peringatan kesehatan pada tubuh. Warna dan bentuk bisa menandakan keadaan kesehatan seseorang. Coba lihatlah kuku pada jari-jari mu apakah bergaris? mengelupas? berubah warna? jika iya maka segeralah periksakan kesehatanmu.

Berikut ini adalah kondisi umum yang sering dijumpai pada kondisi kuku seseorang, jadi lihatlah kondisi kuku mu karena itu menandakan kesehatanmu

1. Kuku berubah warna


Kuku yang berubah warna biasanya menandakan adanya masalah kesehatan pada tubuh. Umumnya Kuku yang sehat berwarna kemerahan dengan warna putih di ujung kuku bagian atas. Namun, kalau kuku berwarna pucat mungkin bisa menjadi tanda jika kamu kekurangan vitamin.

2. Bercak atau noda putih di permukaan kuku


Bercak atau noda putih yang timbul di permukaan kuku umumnya merupakan reaksi trauma ringan, bukan karena kekurangan kalsium. Kondisi ini bukanlah hal yang mengkhawatirkan dan ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika bercak bercak putih di kuku tak kunjung hilang, mungkin itu menjadi tanda infeksi jamur pada kuku kamu. 

3. Kuku jempol kaki tebal dan tumbuh sangat cepat


Kadang kuku jempol kaki bisa tumbuh dengan sangat cepat sehingga menebal di ujungnya, dan terlihat seperti cakar. Kuku seperti ini akan sulit untuk dipotong dengan gunting kuku biasa.Kondisi seperti ini disebut onychogryphosis / claw nail, umum dijumpai pada lansia atau sebagai reaksi dari tekanan jangka panjang pada kuku kaki.

4. Kuku mengelupas 


Kondisi ini menampakkan kuku yang mengelupas dari dalam lapisan, biasanya terjadi di ujung kuku. Kondisi ini bukan karena faktor sering mencuci atau sering memoles kuku, kondisi ini dapat berhubungan dengan vitamin C, asam folat, dan memberi tanda bahwa kamu kekurangan gizi.

5. Kuku bergaris



Umumnya kuku yang sehat memiliki garis yang halus, namun jika kuku kamu memiliki tekstur garis yang kasar maka kamu memiliki masalah kesehatan pada tubuh. Garis kasar dapat menandakan bahwa kamu kekurangan zat besi, inflamasi arthritis, dan lupus.

6. Kuku Sendok 


Istilah umum untuk kelainan kuku ini adalah spooning. Ciri-ciri kuku sang penderita terlihat seperti bentuk sendok (cekung) dan ujung-ujung kuku bertumbuh ke arah luar.

Ketika kamu mempunyai bentuk kuku seperti ini, kemungkinan kamu mengalami kekurangan zat besi atau anemia, hemokromatosis (zat besi berlebih), penyakit Raynaud, lupus, serta beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Demikian ulasan dari saya, perhatikan kuku mu karena itu menandakan kesehatanmu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA KULINER NUANSA ALAM PEDESAAN, WARUNG TEDOEH SAMBIKEREP

Nggak Perlu Takut Punya Mobil Tua, Ini Dia 5 Cara Mudah Merawat Mobil Tua, Nggak Perlu Undang Montir